Papua

Kenapa Kamu Perlu Pergi ke Teluk Cenderawasih Papua?

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr

Eksplorasi Wisata Teluk Cenderawasih Papua

Keindahan alam Indonesia memang tidak bisa dipandang sebelah mata. Ada saja hal unik yang bisa kamu temukan, bahkan hingga ke pelosok negeri ini. Salah satunya terletak di kedalaman teluk Cenderawasih, Papua.

Pesona keindahan Teluk Cenderawasih

Teluk Cenderawasih merupakan salah satu taman nasional laut terluas di Indonesia. Luasnya bahkan mencapai 1.453.500 hektare. Taman nasional ini terletak di antara lima wilayah dan dua provinsi. Pada tahun 1993, Menteri Kehutanan meresmikan Taman Nasional Teluk Cenderawasih yang terdiri dari pesisir pantai dan daratan seluas 0,9%, daratan dalam bentuk pulau-pulau seluas 3,8%, terumbu karang seluas 5,5% serta perairan seluas 89,8%.

Keindahan teluk Cenderawasih tidak kalah saing dengan pulau-pulau kecil di Papua lainnya. Meskipun merupakan kawasan taman laut, namun siapapun bisa mengunjungi tempat ini.

Indahnya bibir Teluk Cenderawasih

Kamu juga bisa merasakan indahnya teluk Cenderawasih, dengan cara datang langsung ke tempat ini. Kamu bisa menempuh dua jalur yang berbeda jika ingin ke teluk ini, yakni melalui Nabire dan Manokwari.

Jika kamu berangkat dari Nabire dengan pesawat kecil dari Jayapura, maka kamu hanya perlu menaiki perahu kecil menuju Bagan-Bagan. Sedangkan jika kamu berangkat dari Manokwari, kamu bisa menuju desa Kwatisore untuk mendapatkan teluk Cenderawasih.

Apabila ditempuh dari Manokwari menuju Taman Nasional Teluk Cenderawasih bisa memakan waktu sekitar 2,5 jam perjalanan menggunakan kapal motor. Pasalnya, jarak tempuh antara Manokwari dan Taman Nasional Teluk Cenderawasih diperkirakan sekitar 95 KM. Selain itu, kamu bisa menggunakan motor tempel, namun waktu tempuhnya akan lebih lama, yaitu sekitar 6 – 10 jam. Atau, bisa juga menggunakan kapal perintis PELNI dengan waktu perjalanan yang jauh lebih lama lagi, sekitar 18 – 20 jam. Namun, sayangnya kapal perintis PELNI ini hanya berkunjung ke Taman Nasional Teluk Cederawasih selama satu bulan sekali. Alternatif lain, kamu bisa menumpang dengan pesawat Twin Otter dari Merpati Nusantara atau Cesna dari MAF. Dari perjalanan udara ini, kamu butuh waktu 3 – 4 jam lagi menggunakan kapal tempel untuk tiba di lokasi.

Ya, bisa dikatakan susah-susah gampang untuk mendapatkan tempat ini. Hanya saja kamu perlu sedikit niat untuk bisa menikmati surga di ujung Indonesia ini.

Hal apa saja yang bisa memperkuat niatmu mengunjungi tempat ini? Yuk, baca ulasan di bawah ini!

Melihat terumbu karang

Tentu kamu tidak bisa menemukan terumbu karang di pantai dekat perkotaan. Nah, di sini, kamu bisa menemukan banyak sekali terumbu karang langsung dari jarak dekat.

Kenapa Kamu Perlu Pergi ke Teluk Cenderawasih Papua? 1
eksplorasi teluk cenderawasih papua – credit by culturenesia

Terumbu karang di kedalaman Teluk Cenderawasih

Terumbu karang di teluk Cenderawasih ini tercatat memiliki kualitas terbaik di dunia. Bahkan, menurut survei yang dilakukan oleh para ahli terumbu karang pada 2006, teluk Cenderawasih memiliki lebih dari 500 jenis terumbu karang dan 14 spesies baru.

Kenapa Kamu Perlu Pergi ke Teluk Cenderawasih Papua? 2
eksplorasi teluk cenderawasih papua – Ada Nemo di Papua
Credit @ culturenesia

Beragam jenis satwa air di kedalaman Teluk Cenderawasih

Selain terumbu karang, kamu juga bisa melihat setidaknya 950 jenis ikan karang. Jumlah ikan yang banyak tersebut, lantas menjadikan taman nasional ini sebagai rumah bagi beberapa satwa air. Beberapa di antaranya adalah ikan duyung (Dugong Dugon), penyu, hiu, dan hiu paus (Rhinocodon Typus). Namun, kamu juga bisa melihat lumba-lumba yang menarik perhatianmu saat tiba di tempat ini.

Menjelajahi pulau sekitar

Tak hanya melihat langsung keindahan alam bawah laut, kamu juga bisa menjelajahi beberapa pulau yang terletak tak jauh dari teluk ini. Beberapa pulau seperti pulau Nusrowi, Yoop dan Mioswaar bisa mewarnai penjelajahan kamu di tempat ini.

Jika kamu mendatangi pulau Mioswaar, maka kamu akan menemukan gua bersejarah di sana. Kamu bisa menemukan kerangka para leluhur etnis Wandau dan sumber air panas dengan kandungan belerang. Kerangka di gua ini dipercaya sebagai kerangka manusia pertama yang mendatangi pulau Mioswaar.

Bercampur ngeri di Goa Jepang, Kabupaten Biak Numfor, Papua

credit @lafiqa

Selain Mioswaar, kamu juga bisa menemukan gua dengan isi tengkorak manusia dan piring antik serta peti dengan ukiran di pulau Numfor. Traveling ke teluk Cenderawasih tentu memiliki kesan tersendiri jika kamu juga turut mendatangi pulau-pulau ini.

Bermain dengan hiu

Jika kamu salah satu yang sangat penasaran dengan hewan air ini, maka kamu layak mencoba wisata teluk Cenderawasih. Dengan berkunjung ke tempat ini, kamu bisa menyelam dan bertemu dengan hiu dan hiu paus (Rhinocodon Typus).

Rhinocodon Typus di perairan Teluk Cenderawasih

Hiu paus (Rhinocodon Typus) ini merupakan salah satu spesies hiu terbesar di dunia. Spesies ini memiliki panjang mencapai 18 meter dan berat sebesar 20 ton. Meskipun berbadan besar, hiu jenis ini hanya memakan plankton dan organisme kecil lainnya. Hiu-hiu ini bisa ditemui dalam posisi mengambang saat mereka sedang menyaring makanannya di Teluk Cenderawasih.

Berenang bersama hiu paus (Rhinocodon Typus)

Hiu paus ini memiliki usia yang bisa mencapai 70 hingga 100 tahun. Spesies ini termasuk yang dilindungi dari perburuan dan bisa berakibat pidana bagi para pelakunya. Mirisnya, hingga saat ini tindakan perburuan masih saja terjadi hanya dengan alasan demand dari orang-orang tidak bertanggung jawab! Padahal nilai ekowisata jauh lebih tinggi selama spesies ini bisa bertahan hidup.

Kenapa Kamu Perlu Pergi ke Teluk Cenderawasih Papua? 6
berenang diantara hiu paus dipapua – credit @danz

Eksplorasi di kedalaman Teluk Cenderawasih, Papua

Hewan yang terkesan buas ini ternyata cukup jinak dan berhasil menarik minat wisatawan untuk melakukan penyelaman dan foto bersama. Hanya saja, untuk melakukan aksi ini, kamu perlu mendapatkan pengawasan dari pihak Balai Taman Nasional Teluk Cenderawasih (BTNTC).

Nah, itulah tiga alasan mengapa kamu perlu untuk menyusuri teluk Cenderawasih. Keindahan alam yang disuguhkannya tentu akan membuatmu terkagum bahkan enggan untuk kembali pulang. Jadi, selamat berlibur!

Write A Comment